Pentingnya Loading Dock

Sebagai penghantar dari tempat produksi menuju transportasi ke customer maupun ke dalam gudang penyimpanan, loading dock memiliki peran yang sangat penting dalam beberapa gudang. Meskipun ada beberapa tipe yang berbeda dari loading dock, semuanya memiliki fungsi yang sama pada sebuah fasilitas.

Mungkin bagi orang awam loading dock hanya terlihat seperti tempat keluar masuknya barang pada sebuah fasilitas, namun tempat ini memiliki peran penting kepada para pengirim, warehouse dan perusahaan logistik. Selain menghemat waktu ketika memuat barang, loading dock juga diperlukan ketika memuat barang dengan temperatur yang sensitif (refrigerated transportation).

Loading dock merupakan ruang belakang di sebuah gedung, tempat truk dimuat dan dibongkar. Biasa ditemukan di pabrik, gudang dan bangunan industri lainnya. Mereka adalah lokasi utama pergerakan produk, masuk dan keluar dari suatu fasilitas.

Beberapa pengiriman memiliki bentuk yang terlalu besar maupun ukuran yang terlalu banyak untuk dikirimkan dengan cara yang umum. maka dari itu mereka perlu dikirimkan dalam bentuk kargo.

Barang kiriman yang terlalu besar biasanya dikirim menggunakan palet, yang memerlukan sebuah kendaraan kargo yang besar dan memerlukan loading dock. Namun untuk barang kiriman yang lebih kecil biasanya menggunakan mobil sprinter. Walau memiliki bukaan pintu yang berbeda pada gudang, tapi tetap saja memerlukan loading dock untuk tempat menaruh barang kirimannya.

Beberapa gambar truk yang sering digunakan pada loading dock

Jenis Truk

Loading dock memfasilitasi keberhasilan penggunaan sebagian besar kendaraan kargo, menyediakan cara yang aman dan cepat untuk memindahkan barang ke dan dari gudang atau terminal pengiriman.

Jenis – jenis loading dock

Loading dock tertutup (enclosed dock)

Loading dock tertutup umumnya digunakan saat perlindungan produk, kontrol iklim, keamanan, dan kemampuan mengangkat overhead diperlukan. Jenis desain ini sering digunakan karena meningkatkan efisiensi dan kenyamanan sekaligus mengurangi kemungkinan pencurian. Desain ini juga memungkinkan ruang untuk crane overhead yang secara efisien akan memuat dan membongkar truk flat bed.

Loading dock tertutup juga merupakan desain dermaga pemuatan yang paling mahal karena memerlukan investasi dan pemeliharaan awal. Masalah safety untuk jenis loading dock ini meliputi kebutuhan ventilasi dan pertukaran udara yang tepat karena asap knalpot truk yang terjadi di dalam gedung.

Loading dock flush

Loading dock flush adalah jenis loading dock yang paling umum. Dalam hal ini, pembuka loading dock tergabung (Flushed) pada pondasi dinding gudang, yang memungkinkan bagian belakang truk menempel dengan mulus ke loading dock. Desain flush menghemat ruang karena tidak menjorok keluar atau memerlukan penutup untuk kendaraan.

Beberapa pertimbangan safety untuk desain flush termasuk memastikan bahwa dinding bangunan melewati pondasi (karena penggunaan logam atau bahan lainnya) dan perlindungan karet bumper.

Loading dock terbuka (open dock)

Loading dock terbuka biasanya tidak direkomendasikan atau digunakan karena paparan cuaca luar dan kemungkinan membuatnya lebih mudah terjadi pencurian. Desain terbuka seringkali tidak dapat dipanaskan atau didinginkan secara efisien dan tidak memberikan perlindungan yang memadai untuk produk, bahan, atau pekerja. Drainase lantai yang tepat juga menjadi pertimbangan karena paparan cuaca.

Loading dock terbuka harus selalu memiliki kanopi. Jika kanopi direncanakan di atas loading dock yang memiliki kemiringan miring, ketinggian kanopi harus dihitung untuk mengakomodasi ketinggian trailer.

Loading dock gigi gergaji (sawtooth loading dock)

Sawtooth loading dock menyajikan solusi untuk merancang situasi di mana ruang apron (apron space) terbatas. tatanan gigi gergaji digunakan ketika ada ruang terbatas untuk melakukan manuver kendaraan. Namun, jalan yang akan datang harus dirancang sedemikian rupa sehingga trailer dan truk pergi ke arah sudut loading dock. Truk akan membutuhkan lebih sedikit ruang untuk bergerak karena mereka sudah berbaris ke arah jalan masuk.

Namun, desain ini mengurangi penggunaan ruang loading dock, yang membuatnya lebih sulit untuk memindahkan dan menyimpan produk yang masuk, karena beberapa sudut loading dock biasanya tidak bisa digunakan.

Tentu saja meskipun ada beberapa jenis loading dock tetap akan memerlukan karet bumper sebagai pelindung dan pengaman baik untuk truk muatan, dinding loading dock maupun bagi para pekerja yang ada disana

Leave a comment