Jenis – Jenis Dermaga

Dermaga adalah sebuah bangunan dalam pelabuhan yang berfungsi untuk tempat bertambatnya kapal guna untuk menaik-turunkan muatan baik itu peti kemas, kendaraan, ataupun penumpang. Dimensi sebuah dermaga biasanya tergantung pada jenis dan ukuran kapal yang sering berlabuh di dermaga tersebut.

Ditinjau dari fungsinya

Dermaga barang umum

Dermaga barang umum – merupakan dermaga yang berfungsi sebagai tempat bongkar-pasang muatan umum misal ikan, kendaraan, penumpang dll. Konstruksi pelabuhan ini kebanyakan dibuat dari konstruksi beton dengan type jetty.

Dermaga peti kemas

Dermaga peti kemas – dermaga yang khusus hanya untuk menaik turunkan peti kemas dimana tidak diperlukan fasilitas gudang dan biasanya dilengkapi dengan peralatan crane container dan Gentricrane. Konstruksi dermaga craine container ini biasanya terbangun dari dermaga jetty yang kekuatannya diperhitungkan untuk muatan yang berat.

Dermaga curah

Dermaga curah – adalah dermaga yang khusus digunakan untuk bongkar muat bahan curah. Bahan curah atau muatan curah sendiri adalah komoditas yang ditangani, ditransportasikan, dan didistribusikan dalam jumlah besar dan tidak terkemas. contoh bahan curah yaitu minyak bumi, serealia, batu bara, dan bahan bangunan. pengoperasian bongkar muat kargo bahan curah biasanya dituang ke atas ban berjalan / conveyor untuk memindahkan muatan dari tempat penumpukan untuk  dapat dimuat sampai kekapal tersebut atau sebaliknya. Tipe dermaga ini biasanya digunakan type jetty, dimana konstruksi ini dapat dibuat dari konstruksi beton, kayu dan baja

Ditinjau dari bentuknya

Sejajar dengan garis pantai

Wharf / Quay Wall – adalah sebutan lain untuk dermaga yang sejajar dengan garis pantai dan berupa tembok yang berdiri diatas pantai. biasanya di lokasi pantai yang tidak landai sering disebut sebagai pelabuhan alam sehingga kedalaman yang diinginkan tidak terlalu jauh dari garis pantai. Untuk di lokasi pantai yang landai biasanya menggunakan tiang pancang dan diperlukan jembatan trestel sampai dengan kedalaman yang dibutuhkan. Wharf juga dapat berfungsi sebagai penahan tanah yang ada di belakangnya.

Menjorok ke laut

Jetty / Pier – merupakan sebuah dermaga yang menjorok ke laut, Istilah ini berasal dari kata Prancis jetée, “dibuang”, dan menandakan sesuatu yang dibuang. Berbeda dengan wharf yang digunakan untuk merapat satu sisinya, jetty dapat digunakan pada satu sisi atau dua sisinya. Menghubungkan pantai melalui jembatan yang biasanya membentuk tegak lurus dengan jetty, sehingga jetty dapat berbentuk T, L ataupun Jari. dapat juga berupa dermaga apung yang pada umumnya digunakan untuk kapal-kapal penumpang pada dermaga angkutan sungai/danau yang tidak membutuhkan konstruksi yang kuat untuk menahan muatan barang yang akan diangkut dengan kapal.

Ditinjau dari strukturnya

Deck On Pile

Struktur Dermaga Deck On Pile (open type structure) menggunakan beberapa rangkaian tiang pancang (piles) sebagai pondasi untuk lantai dermaga. Seluruh beban pada dermaga termasuk gaya berthing dan mooring diterima oleh sistem lantai dermaga dan tiang pancang pada struktur dermaga ini.

Di bawah lantai dermaga, kemiringan tanah dibuat sesuai dengan kemiringan alaminya serta dilapisi dengan perkuatan (revement) untuk mencegah tergerusnya tanah akibat gerakan air yang disebabkan oleh manuver kapal. Untuk menahan gaya lateral yang cukup besar akibat berthing dan mooring kapal, dapat dilakukan pemasangan tiang pancang miring. Pada umumnya, jenis struktur tiang pada Struktur Dermaga Deck On Pile sedikit sensitif terhadap getaran-getaran lokal seperti tumbukan bawah air akibat haluan kapal dibandingkan struktur dermaga lainnya.

Sheet Pile

Dermaga jenis ini menggunakan sheet pile (turap atau dinding penahan tanah) untuk menahan gaya-gaya akibat perbedaan elevasi antara lantai dermaga dengan dasar kolam. Struktur Dermaga Sheet Pile adalah jenis struktur yang tidak memperdulikan kemiringan alami dari tanah. Struktur jenis ini biasanya dibangun pada garis pantai yang memiliki kemiringan curam dimana, pada umumnya, tanah pada bagian laut kemudian dikeruk untuk menambah kedalaman kolam pelabuhan. Tiang pancang masih diperlukan untuk menahan gaya lateral dari kapal yang sedang sandar atau untuk membantu sheet pile menahan tekanan lateral tanah. Struktur sheet pile ini dapat direncanakan dengan menggunakan sistem penjangkaran (anchor) ataupun tanpa penjangkaran. Sistem penjangkaran dapat berupa tiang angkur atau angkur batu. Untuk kondisi perairan dimana gelombang agak besar, Struktur Dermaga Sheet Pile kurang cocok karena gelombang akan menghantam dinding dan terjadi olakan air di daerah dimana kapal sandar.

Diaphragma Wall

Selain sheet pilediaphragma wall beton juga dapat berfungsi sebagai penahan tekanan lateral tanah. Struktur Dermaga Diafragma Wall terdiri dari blok-blok beton bertulang berukuran besar yang diatur sedemikian rupa. Perletakan blok beton dengan kemiringan tertentu dimaksudkan agar terjadi geseran antara blok beton satu dengan lainnya sehingga dicapai kesatuan konstruksi yang mampu memikul beban-beban vertikal (dari lantai dermaga) maupun horizontal pada dermaga. Barrette pile dapat digunakan pada struktur ini, yang berfungsi sebagai anchor untuk diaphragma wall, keduanya dihubungkan oleh sistem tie beam atau tie slab. Untuk kondisi perairan dimana gelombang agak besar, Struktur Dermaga Diaphragma Wall kurang cocok karena gelombang akan menghantam dinding danterjadi olakan air di daerah dimana kapal sandar.

Caisson

Struktur ini merupakan salah satu jenis dari dermaga gravity structure. Pada prinsipnya, struktur dermaga jenis ini memanfaatkan berat sendiri untuk menahan beban-beban vertikal dan horizontal pada struktur dermaga serta untuk menahan tekanan tanah. Caisson sendiri adalah suatu konstruksi blok-blok beton bertulang berbentuk kotak-kotak yang dibuat di darat dan dipasang pada lokasi dermaga dengan cara diapungkan dan diatur pada posisi yang direncanakan, kemudian ditenggelamkan dengan mengisi dinding kamar-kamar caisson dengan pasir laut ataupun batu.Untuk kondisi perairan dimana gelombang agak besar, Struktur Dermaga Caisson kurang cocok karena gelombang akan menghantam dinding dan terjadi olakan air di daerah dimana kapal sandar.

Doplphin’s system

Dermaga Sistem Dolphin membutuhkan jetty untuk menghubungkan dermaga dengan darat. Ada dua jenis Dermaga Sistem Dolphin, yaitu L-jetty dan fingerpier. Struktur Dermaga Sistem Dolphin dikatagorikan sebagai light structure (struktur ringan) karena Struktur Dermaga Sistem Dolphin direncanakan hanya untuk menerima beban-beban ringan seperti pipa-pipa penyalur minyak dan gas sertaconveyors.

Leave a comment